Tips Aman dan Selamat Saat Terbang

Hasil penyelidikan pada kecelakaan penerbangan membuktikan bahwa 80% dari korban yang meninggal ataupun terluka sebenarnya bisa diselamatkan. Bagaimana penumpang bisa keluar dengan selamat dari kecelakaan pesawat?

Skydewi akan memberikan tipsnya:

IMG_34191. Pastikan bahwa sepatu yang anda kenakan adalah sepatu bertali yang nyaman. Sepatu bertali akan menghindari anda dari kehilangan sepatu akibat terlepas dari kaki saat terjadi benturan keras pada kecelakaan. Bayangkan berjalan diantara puing-puing pesawat yang terbakar mencari jalan keluar tanpa pelindung kaki.

2. Kenakan pakaian yang terbuat dari serat natural seperti katun yang tidak mudah terbakar. Hindari memakai pakaian berbahan dasar poliester karena bahan jenis ini tidak tahan panas dan di dalam kabin yang terbakar suhu udara menjadi sangat panas sehingga menyebabkan baju berbahan poliester meleleh dan menempel pada kulit pemakainya.

3. Kebanyakan penumpang menyukai duduk di barisan kursi dekat pintu keluar dengan asumsi akan mudah menemukan jalan keluar bila terjadi kecelakaan. Hal ini tidak sepenuhnya benar karena kita tidak pernah tahu bagaimana dan bagian mana dari pesawat yang akan membentur landasan terlebih dulu saat kecelakaan. Sesaat setelah selamat dari benturan keras, pintu terdekat belum tentu bisa berfungsi dengan baik sehingga yang terpenting adalah mengenali area dimana anda duduk dan pelajari bagaimana anda dapat mencapai pintu-pintu darurat di sekitar anda dan keluar dengan segera. Hitung berapa baris kursi ke depan dan ke belakang, ke kiri dan ke kanan karena saat pendaratan darurat lampu penerangan di kabin bisa saja tidak tersedia sehingga anda harus meraba mencari jalan keluar.

4. Untuk menghindari cedera pada tubuh bagian bawah saat benturan keras terjadi, kenakan selalu sabuk pengaman dengan erat tepat di atas bagian pinggul anda, bukan di atas pinggang ataupun paha. Saat terbang, lepaskan sabuk pengaman hanya pada saat lampu tanda kenakan sabuk pengaman di atas kursi anda tidak menyala.

5. Baca selalu kartu keselamatan penerbangan yang tersedia di kantung kusi di depan tempat duduk anda. Kartu kecil ini memberikan banyak informasi penting untuk anda seperti jumlah dan lokasi pintu darurat, lokasi baju pelampung dan masker oksigen untuk anda bila diperlukan serta posisi duduk yang disarankan bila terjadi benturan keras saat pendaratan darurat.

6. Dengarkan dan patuhi selalu perintah keselamatan yang diberikan awak kabin dan pilot seperti penggunaan sabuk pengaman, larangan merokok dan sebagainya karena awak kabin lebih tahu dan dilatih untuk selalu waspada akan adanya bahaya saat penerbangan.

AP_guyana_plane_crash_jt_130707_16x9_9927. Ingat; Anda hanya punya waktu 90 detik untuk keluar dari pesawat setelah kecelakaan pesawat terjadi. Tinggalkan semua barang bawaan anda dan segera menuju pintu keluar.  Hal ini disebabkan hanya 90 detik waktu yang dibutuhkan bagi api untuk melahap habis seluruh tubuh pesawat yang terbuat dari aluminium serta menyebarkan asap beracun yang mematikan. Ya,  sangat cepat sekali, hanya 90 detik. Waktu 90 detik ini juga menjadi patokan bagi para awak kabin dan pilot untuk mengevakuasi penumpang serta keluar menyelamatkan diri; apapun bentuk dan ukuran pesawatnya.

About skydewi

Seorang ibu pencinta langit. Kopi susu di pagi hari adalah WAJIB. Benci orang malas apalagi bau badan. Mewarisi keahlian menjahit ibu sekaligus mesin jahitnya. Percaya bahwa dengan persetujuan Tuhan, Hidup adalah Pilihan. Visit me on https://mylifeasacabincrewmember.blogspot.com/

Posted on July 12, 2015, in Tips and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: