Sepatu Pramugari

ameliaPramugari tidak diperbolehkan memakai sepatu dengan hak yang terlalu tinggi dan lancip atau stiletto karena hak lancip seperti ini dapat merusak atau melubangi alat peluncur saat evakuasi dan juga bisa melukai pramugari itu sendiri serta orang lain disekitarnya. Selain itu hak yang terlalu tinggi dan lancip tidak baik bagi kesehatan pramugari yang harus berdiri selama berjam-jam di dalam pesawat.

high heelsSepatu yang baik untuk pramugari adalah sepatu yang nyaman dipakai namun tetap sederhana dan tidak terlihat seperti orang yang hendak pergi ke pesta. Ornamen yang terlalu meriah serta aksessoris yang berlebihan membuat penampilan pramugari terlihat murahan dan tidak professional. Untuk itu perusahaan penerbangan biasanya membagikan sepatu untuk para pramugari dan pramugaranya agar terlihat sama dan sesuai dengan seragam yang dikenakan. Bagi perusahaan yang tidak membagikan sepatu, peraturan mengenai keseragaman bagi awak kabinnya tetap harus dipatuhi serta dijadikan pedoman saat awak kabin membeli sepatunya sendiri.

gallery-328-image-3318Sepatu pramugari tidak selalu berwarna hitam melainkan disesuaikan dengan seragam yang dikenakan.  Beberapa airlines yang memakaikan seragam jenis kebaya panjang pada pramugarinya seperti Singapore Airlines, atau Lion Air, menggunakan sepatu sandal dengan sedikit aksen baju seragam pada sepatu sandal mereka agar terlihat sesuai. Sepatu bagi pramugari dan pramugara merupakan bagian dari kelengkapan seragam yang jika dikenakan diharapkan dapat menunjukkan citra yang ingin diciptakan perusahaan penerbangan.

Coba bandingkan seragam Garuda Indonesia dan Air Asia. Citra apa yang nampak dari sang pramugari apabila seragam tersebut dikenakan? Yang manakah yang wannabe lebih sukai?

About skydewi

Seorang ibu pencinta langit. Kopi susu di pagi hari adalah WAJIB. Benci orang malas apalagi bau badan. Mewarisi keahlian menjahit ibu sekaligus mesin jahitnya. Percaya bahwa dengan persetujuan Tuhan, Hidup adalah Pilihan. Visit me on https://mylifeasacabincrewmember.blogspot.com/

Posted on December 15, 2014, in Tips, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: