Flight Crew

Awak kabin baru seringkali masih bingung membedakan antara Captain, First Officer atau FO, dan Flight Enginer atau FE, karena seragam yang dikenakan ketiganya nyaris sama dan perbedaan biasanya hanya terdapat pada tanda pangkat berupa garis di bahu yang dalam bahasa Inggris disebut “epaulets“. Wings yang disematkan pada seragam penerbang memiliki dua buah sayap. Hal ini untuk membedakan antara pilot dan awak kabin. Hampir semua awak kabin di dunia memiliki satu sayap wings saja. Hanya sejumlah kecil airlines yang memberikan wings dengan dua buah sayap kepada awak kabinnya.

Epaulets

CAPTAIN

Captain memiliki empat garis pangkat yang biasanya berwarna emas, walaupun ada juga beberapa airline di dunia yang menggunakan warna putih. Saat bertugas, Captain selalu duduk disebelah kiri di dalam cockpit (ruang kemudi). Mereka sering juga disebut sebagai PIC atau Pilot in Command yaitu pemimpin tertinggi di dalam pesawat dalam kaitannya dengan keselamatan dan keamanan penerbangan. Pada perusahaan penerbangan tertentu dekorasi tambahan diberikan pada tanda pangkat Captain seperti, tanda bintang atau tanda berlian dan sebagainya tergantung dari kebijakan perusahaan.

FIRST OFFICER

First Officer atau sering juga disebut FO memiliki tiga buah garis yang berwarna sama dengan Captain. FO duduk disebelah kanan pesawat. Junior First Officer memiliki dua tanda pangkat. Senior dan Junior First Officer dibedakan berdasarkan dari pengalaman serta jumlah jam terbang yang dimilki.

FLIGHT ENGINEER

Flight Engineer atau FE memiliki tiga buah garis pangkat yang biasanya agak sedikit berbeda. Kebanyakan perusahan penerbangan menambahkan garis bayangan berwarna ungu diantara garis pangkat pada seragam Flight Engineer. Flight Engineer duduk di belakang Captain dan First Officer, menghadap pada tombol-tombol penting yang mengatur system pada pesawat. Walaupun Flight Engineer tidak menerbangkan pesawat seperti Captain dan First Officer, Flight Engineer memiliki tugas yang sama pentingnya yaitu memonitor dan mengoperasikan serta bertanggung jawab atas bekerjanya system pesawat tersebut.

nohatspilotsTidak semua pesawat terbang didisain dan diciptakan dengan posisi Flight Engineer. Beberapa tahun belakangan ini tugas Flight Engineer sudah banyak digantikan oleh system computer yang semakin canggih sehingga pesawat tidak lagi membutuhkan keberadaan flight engineer di dalam ruang kemudi. Jenis pesawat dengan Flight Engineer contohnya adalah B747 seri 100, 200, 300; B737 seri 200; dan beberapa B767 seri 200.

Jangan sampai salah sebut lagi yaa…

About skydewi

Seorang ibu pencinta langit. Kopi susu di pagi hari adalah WAJIB. Benci orang malas apalagi bau badan. Mewarisi keahlian menjahit ibu sekaligus mesin jahitnya. Percaya bahwa dengan persetujuan Tuhan, Hidup adalah Pilihan. Visit me on https://mylifeasacabincrewmember.blogspot.com/

Posted on December 10, 2014, in My Story and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: