Dead-Heading

Selain terbang, awak kabin juga sering ditugaskan untuk “Dead-Heading”.

Apakah yang dimaksud dengan tugas “Dead-Heading” ?

Dead Head atau Dead-Heading dalam dunia penerbangan bukan berarti “Kepala Mati”.

Dead Head bagi awak pesawat ( pilot dan awak kabin ) berarti melakukan perjalanan dari satu bandara ke bandara yang lain dalam keadaan tidak aktif atau sebagai penumpang.

Mengapa awak pesawat melakukan Dead Head?

Dunia penerbangan yang dinamis menyebabkan awak pesawat harus selalu siap dimana saja dan kapan saja diterbangkan oleh perusahaan demi kelangsungan dan kelancaran operasional, hal ini tentunya tanpa mengabaikan peraturan dan prosedur batasan waktu terbang dan istirahat mereka ( Flight Duty Time Limitation ).

Image

Dead Head dilakukan karena beberapa alasan berikut:

1. Awak pesawat memulai suatu penerbangan yang bukan dari Home Base mereka ataupun dari suatu tempat yang tidak tersedia set crew untuk melakukannya sehingga awak pesawat harus diterbangkan dulu ke tempat tersebut.

2. Awak Pesawat dari suatu penerbangan ( berada di luar home base ) sudah tidak legal lagi karena jam terbangnya sudah melebihi batas maksimal dalam kurun waktu 24 jam dan harus digantikan dengan yang baru. Awak pesawat yang sudah tidak legal ini harus di pulangkan ke Homebase dengan cara “Dead Head”, apabila perusahaan memutuskan untuk tidak menginapkan mereka di hotel ditempat mereka menjadi tidak legal karena alasan operasional.

3. Awak pesawat ditugaskan oleh perusahaan untuk pergi ke satu tempat selain dari tugas terbang ( misalnya: mengikuti training ) dan karenanya harus naik pesawat sebagai penumpang di pesawatnya sendiri.

Dead-Heading Crew atau awak pesawat yang Dead-Heading sangat disukai oleh awak kabin yang aktif (bertugas) dalam pesawat yang mereka naikki karena Dead-Heading Crew adalah penumpang yang tepat untuk didudukkan di overwing Exit ( jendela darurat ) sebagai Able Bodied Passengers karena mereka dianggap mengerti prosedur keselamatan penerbangan dan berbadan fit.

Apa dan siapa saja Able Bodied Passenger itu?

Silahkan baca di sini : https://skydewi.wordpress.com/2013/03/26/lelaki-pilihan-sang-dewi/

Untuk istilah istilah penerbangan lainnya, temukan di:

https://skydewi.wordpress.com/2013/04/13/flight-attendant-jargon/

 

About skydewi

Seorang ibu pencinta langit. Kopi susu di pagi hari adalah WAJIB. Benci orang malas apalagi bau badan. Mewarisi keahlian menjahit ibu sekaligus mesin jahitnya. Percaya bahwa dengan persetujuan Tuhan, Hidup adalah Pilihan. Visit me on https://mylifeasacabincrewmember.blogspot.com/

Posted on May 9, 2014, in Flight safety and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: