Remove Before Flight

Pernah lihat gantungan kunci di handbag dan koper pramugari bertuliskan “Remove Before Flight ?”

Dari manakah asal muasalnya penggunaan kata “Remove Before Flight” tersebut?

IMG_9203Bendera Remove Before Flight”, adalah safety warning tag yang dipasang pada penutup bagian-bagian tertentu dari pesawat dan pin penahan di beberapa komponen pesawat terbang. Pin penahan ini gunanya sebagai pengganjal pergerakan dari beberapa bagian mekanisme pesawat saat pesawat tersebut sedang tidak terbang atau parkir. Bendera  Remove Before Flight”  dipasang untuk mengingatkan pilot dan crew bahwa penututp atau pengganjal ini harus dilepaskan sebelum terbang.

Bendera “Remove Before Flight” biasanya dipasangkan pada:

1. Nose Landing Gear (NLG) bypass pin: Pin pada NLG yang dipasang saat push back

Image

2. Airspeed Pitot : Alat yang berhubungan dengan pengukur kecepatan pesawat ini harus selalu ditutup saat pesawat berada di darat atau parkir dalam waktu yang agak lama. Hal ini dilakukan karena sering terjadi penyumbatan pada tabung kecil ( tube ) alat pengukur kecepatan ini yang disebabkan oleh masuknya laba-laba, serangga ataupun kotoran.

Image

3. Door Safety Pin : Pin pengganjal lever manual pada pintu-pintu pesawat.

Image

…dan masih banyak lagi lainnya. Kelalaian pilot, mekanik ataupun awak kabin untuk melepaskan semua penutup dan pin berbendera “Remove Before Flight”  ini bisa berakibat fatal seperti kecelakaan pada pesawat. Pin pengganjal berbendera Remove Before Flight” harus kembali dipasangkan saat pesawat sudah kembali mendarat dan parkir di landasan terbang sebagai bagian dari standar keselamatan penerbangan.

Sebagai orang yang bekerja di dunia penerbangan, awak kabin senang dan bangga untuk memakai atribut yang menggunakan istilah penerbangan sebagai penunjuk jati dirinya, dan tentunya sah-sah saja bila Wannabes juga ingin mengoleksi gantungan kunci bendera “Remove Before Flight”…🙂

About skydewi

Seorang ibu pencinta langit. Kopi susu di pagi hari adalah WAJIB. Benci orang malas apalagi bau badan. Mewarisi keahlian menjahit ibu sekaligus mesin jahitnya. Percaya bahwa dengan persetujuan Tuhan, Hidup adalah Pilihan. Visit me on https://mylifeasacabincrewmember.blogspot.com/

Posted on April 25, 2014, in My Story and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Bukan di wheel chock say….itu di NLG bypass pin, pin yg di pasang di NLG selama push back.:-)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: