6 Must-Have Cabin Crew Hair Accessories

Awak kabin adalah front liner atau ujung tombak perusahaan penerbangan karena mereka berhadapan dan berinteraksi langsung dengan kostumer dalam hal ini penumpang. Untuk itu penampilan awak kabin sangat diperhatikan perusahaan karena diharapkan dapat mewakilkan citra perusahaan yang ingin dibentuk di mata penumpang. Tidak hanya make up dan tata rambut yang diatur dalam buku pedoman berbusana awak kabin, aksesoris rambut yang diperkenankan untuk dikenakan juga diseragamkan sehingga image yang ingin ditampilkan dapat terwujud. Aksesories yang di-izinkan untuk dikenakan dengan seragam biasanya  berwarna hitam (sesuai warna rambut), sederhana, elegan dan tidak mencolok.

Berikut ini 6 aksesoris rambut dasar yang wajib dimiliki awak kabin:

1. Jepit Rambut (bobby pin)Image

Jepit rambut warna hitam menjadi barang wajib pertama yang selalu dibawa awak kabin di dalam tas atau beauty case mereka. Jepit rambut merupakan pertolongan pertama pada saat rambut sedang susah diatur (“bad hair day”), dan menjepit rambut pendek yang sulit untuk diikat atau digelung.

  • Harganya per paket sekitar Rp 2.000,- 

Image2. Tusuk Konde (hair pin)

Tusuk konde yang biasa dikenakan untuk menyangga konde atau sanggul tradisional sangat praktis untuk menjepit sanggul croissant (French Twist) sehingga tampak alami dan tidak terlihat banyak jepitan. Tusuk konde ini sudah agak sulit ditemukan, biasanya hanya dijual di toko-toko aksesoris rambut yang menjual sanggul atau konde tradisional.

  • Harganya per paket sekitar Rp 5.000,-

3. Sirkam (comb)Image

Sirkam bisa digunakan sebagai pengganti tusuk konde pada pembuatan sanggul Croissant (French Twist). Sirkam menyangga rambut yang banyak dan tebal sehingga bisa bertahan lebih kuat dan lama dibandingkan menggunakan tusuk konde. Sirkam bisa ditemui dengan mudah hampir disetiap toko aksesoris rambut.

  • Harga satuannya sekitar Rp 5.000,-

Tutorial untuk tata cara pembuatan sanggul French Twist bisa dilihat disini:

https://skydewi.wordpress.com/2013/04/22/tips-sanggul-pramugari-french-twist/

Image4. Jaring (net)

Jaring halus sangat baik untuk menjaring konde cepol sehingga terlihat rapih dan tetap transparant. Jaring konde halus kini sudah agak sulit ditemukan. Biasanya dijual bersamaan dengan tusuk konde di toko aksesoris rambut penjual konde dan sanggul di pasar tradisional. Sebaiknya membeli lebih dari satu karena jaring halus ini cepat terkoyak apalagi bila tidak digunakan dengan hati hati.

  • Harga per satuan sekitar Rp 5.000,-

5. Kunciran (hair bandImage

Kuncir rambut warna hitam diperlukan untuk mengikat rambut sebelum membuat konde cepol. Untuk rambut tebal sebaiknya menggunakan kuncir cepol kecil sehingga tidak terlihat terlalu besar. Bagi yang berambut tipis, pilih kunciran yang agak tebal untuk menambah volume rambut.

  • Harga per set Rp 10.000,-

6. Donat (doughnut)Image

Sanggul donut adalah model sanggul masa kini yang mulai digemari tidak hanya oleh awak kabin. Sanggul donat terdiri dari beberapa ukuran yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Semakin besar donat, semakin besar sanggul yang dihasilkan.

  • Harga per satuan Rp 25.000,-

Tutorial mengenai tata cara pembuatan sanggul donat bisa dilihat di sini:

https://skydewi.wordpress.com/2013/07/21/sanggul-donat/

Dengan memiliki ke enam aksesoris rambut dasar ini, awak kabin bisa berganti ganti gaya rambut tanpa melanggar peraturan berbusana awak kabin karena aksesoris rambut ini tidak terlihat dan tersembunyi dibalik gelungan rambut.

Sudah berapa dari ke enam aksesoris rambut tersebut yang kalian miliki?

Posted on April 21, 2014, in Tips and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: