Pendaratan Darurat di Air Paling Sukses

100504_us_air_hudson_ditch

Penerbangan US Airways 1549 yang berhasil melakukan pendaratan darurat di sungai Hudson Amerika Serikat pada tanggal 15 Januari 2009 ditandai sebagai pendaratan darurat di air paling sukses dalam sejarah dunia penerbangan (“The Most Successful Ditching in Aviation History” – NTSB).

Pesawat Airbus A320 yang mengangkut 150 penumpang, 3 orang awak kabin dan 2 orang pilot menabrak sekelompok burung angsa pada mesinnya sekitar tiga menit setelah lepas landas dari LaGuardia Airport di New York City menuju Charlotte/Douglas International AirportCharlotte, North Carolina menyebabkan kedua mesin kehilangan tenaga sehingga pesawat melayang-layang di udara tanpa kekuatan dari kedua mesin.

Berdasarkan dari pengakuan para penumpang dan awak pesawat  setelah kejadian, suara ledakan keras terdengar diikuti oleh percikan api pada kedua mesin pesawat. Bau seperti tumpahan bahan bakar tercium dari dalam kabin setelah kedua mesin kemudian tiba-tiba mati total. Kedua pilot kemudian memutuskan untuk mendaratkan pesawat di atas air Sungai Hudson yang dingin.

Pilot bersama awak kabin berhasil memandu 150 orang penumpang untuk keluar ke atas sayap melalui jendela darurat dan slide raft (alat peluncur yang juga bisa berfungsi sebagai perahu karet) di kedua pintu bagian depan sebelum kemudian diselamatkan oleh tim penyelamat.

Pilot dan awak kabin yang merupakan pahlawan dibalik kesuksesan pendaratan darurat di sungai Hudson ini adalah:

1. Kapten Chesley B. “Sully” Sullenberger, 57 tahun mantan pilot pesawat tempur Amerika dan telah bekerja sebagai pilot pesawat penumpang sejak tahun 1980 setelah pensiun dari Angkatan Udara ( US Air Force ) memiliki segudang pengalaman selain sebagai ahli keselamatan udara dan juga seorang pilot layang.

2. First Officer Jeffrey B. Skiles, 49 tahun adalah angkatan terakhir yang baru saja menyelesaikan pendidikan pesawat type rating A320 di perusahaan US Airways tempat dia bekerja ini.

3. Awak kabin Donna DentDoreen Welsh dan Sheila Dail telah bekerja sebagai pramugari selama lebih dari dua puluh lima tahun dan pada saat penerbangan baru menyelesaikan Recurrent Training yang diselenggarakan setiap setahun sekali bagi awak kabin.

flightattendants

Seluruh awak pesawat Flight 1549 ini kemudian dianugerahi penghargaan the Master’s Medal of the Guild of Air Pilots and Air Navigators dan peristiwa ini kemudian disebut sebagai “Miracle on The Hudson” atau Keajaiban di Sungai Hudson New York Amerika Serikat.

Pendaratan darurat di air lainnya dalam sejarah dunia penerbangan adalah Armavia Flight 967Alaska Airlines Flight 261EgyptAir Flight 990SilkAir Flight 185Swissair Flight 111 meninggalkan tidak satupun jiwa yang selamat. Satu orang awak kabin meninggal dunia tersedot keluar dari pesawat pada Garuda Indonesia Flight 421 yang mendarat darurat di Sungai Bengawan Solo.

Sementara hanya delapan dari tujuh puluh tiga penumpang  American Airlines Flight 320 dan sepuluh dari seratus tujuh puluh sembilan penumpang pada penerbangan Kenya Airways Flight 431 berhasil selamat saat pendaratan darurat di air ( ditching ).

images (7)

“This emergency ditching and evacuation, with the loss of no lives, is a heroic and unique aviation achievement.” ( The Guild of Air Pilots and Air Navigators  citation ).

 

About skydewi

Seorang ibu pencinta langit. Kopi susu di pagi hari adalah WAJIB. Benci orang malas apalagi bau badan. Mewarisi keahlian menjahit ibu sekaligus mesin jahitnya. Percaya bahwa dengan persetujuan Tuhan, Hidup adalah Pilihan. Visit me on https://mylifeasacabincrewmember.blogspot.com/

Posted on August 3, 2013, in Hero and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: