Awak Kabin Asiana 214

Picture1Tanggal 7 July 2013 lalu, Pesawat B777 Asiana 214 terbang dari Incheon Korea Selatan dengan membawa sedikitnya 291 penumpang, 4 pilot dan 12 awak kabin siap mendarat di bandara SFO San Francisco. Namun sayang pesawat yang terbang  terlalu rendah dengan kecepatan yang terlalu lambat ini menghantamkan roda pendaratan utama pesawat ke tembok pembatas laut sesaat sebelum menyentuh landasan. Ekor pesawat terlepas dan badan pesawat terlempar beberapa ratus meter keluar dari area landasan. Dua orang awak kabin dan dua orang penumpang terlempar keluar melalu celah pada bagian belakang pesawat.

Adalah Lee Yoon-hye, 40 tahun, Cabin Crew Manager, dan merupakan salah satu dari awak kabin pada penerbangan naas Asiana 214 yang mengalami crash landing di San Fransisco sontak menjadi buah bibir di seluruh dunia setelah ratusan pasang mata yang ada di airport SFO saat itu menyaksikan betapa Lee Yoon-hye bersama rekan-rekan awak kabin lainnya mempertaruhkan nyawa mengevakuasikan penumpang dari dalam pesawat yang berasap siap untuk meledak setiap saat.

18 tahun mengabdi sebagai awak kabin Asiana Airlines, prosedur evakuasi penumpang saat darurat tentunya sudah mendarah daging dalam tubuh lansing Lee Yoon-hye. Bahkan dengan kondisi tulang ekor yang patah, Lee tetap berusaha sekuat tenaga mengeluarkan penumpang, memadamkan api dan tidak berpikir untuk menyelamatkan dirinya sendiri sampai dia benar-benar yakin bahwa seluruh penumpang di dalam kabin pesawat telah berhasil keluar.

Lee Yoon-hye tidak sendirian, bersama rekannya yang lain yaitu Yoo Tae-sik, Kim Ji-yeon, Lee Jin-hee, dan Han Woo-ri  berjuang keras menyelamatkan penumpang dan 7 awak kabin lainnya yang tidak sadarkan diri setelah benturan keras pada pesawat.

Kim Ji-yeon, 31 tahun, 6 tahun bekerja di Asiana bahkan mengangkut seorang anak yang terluka ke atas punggung dan membawanya keluar 500 meter dari pesawat yang mulai mengeluarkan asap beracun. Kim yang lahir ditahun 1980 ini bergabung dengan Asiana pada tahun 2007, menerima penghargaan dalam bidang service dari perusahaan tempat dia bekerja pada tahun 2010.

8897010

Dari kedua belas orang awak kabin yang ada di dalam pesawat, tujuh diantaranya tidak sadarkan diri setelah pendaratan keras sementara lima lainnya membantu menyelamatkan penumpang keluar dari pesawat. Kelima awak kabin ini adalah mereka yang terakhir meninggalkan pesawat setelah berhasil mengeluarkan seluruh penumpang dan tujuh orang awak kabin.

Sungguh luar biasa !

About skydewi

Seorang ibu pencinta langit. Kopi susu di pagi hari adalah WAJIB. Benci orang malas apalagi bau badan. Mewarisi keahlian menjahit ibu sekaligus mesin jahitnya. Percaya bahwa dengan persetujuan Tuhan, Hidup adalah Pilihan. Visit me on https://mylifeasacabincrewmember.blogspot.com/

Posted on July 29, 2013, in Hero. Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. Wah, ini lebih lengkap daripada artikel yang di FP lho, mbak.. waktu itu yang disebut-sebut media soalnya cuma Lee Yeon Hye aja.. artikel yang menarik🙂

    Like

    • iyaa ini dapat dari artikle yang ditulis orang korea Marintan… Lee Yeon Hye tidak sendirian… yang lain juga memberi konstribusi penting dalam kesuksesan evakuasi Asiana 214…😉

      Like

  2. Boleh tahu awak kabin asiana bisa liat dimana foto2nya yg msh aktif?, lg kesemsem ama namanya J J park kalo gk salah. Thanks

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: