Tugas Standby atau Reserve

Nyerep atau “Reserve” atau “Standby” adalah salah satu istilah dalam “Roster” atau “Schedule” ( Jadwal Tugas awak kabin ) yang mengharuskan awak kabin men-cadang-kan diri, baik itu di tempat tinggalnya, di Airport ataupun di Hotel tempat dia menginap, sebagai pengganti apabila ada salah satu dari awak kabin yang akan bertugas terbang berhalangan hadir karena sakit atau hal lain.

Bayangkan bila tidak ada awak kabin cadangan ini, apabila ada awak kabin yang berhalangan tugas, penerbangan bisa menjadi batal karenanya.

???????????????????????????????

Tugas Nyerep, atau “Reserve”, atau “Standby” biasa dilakukan selama 6, 12 sampai 18 jam tergantung peraturan perusahaannya. Pada saat menjalankan tugas ini awak kabin harus mempersiapkan diri seandainya mendapat panggilan tugas tiba tiba dari Operation atau Crew Dispatcher.

Operation atau Crew Dispatcher adalah bagian yang mengatur operasional penerbangan setiap hari termasuk mengatur dan memberikan tugas kepada pilot dan awak kabin.

Hal yang mesti dipersiapan awak kabin saat Standby di rumah atau hotel adalah:

  • Koper berisi semua keperluan terbang selama 3 hari.
  • Seragam disetrika rapih dan siap dikenakan bila mendapat panggilan tugas.
  • Sepatu disemir mengkilat dan stocking bersih siap dikenakan.
  • Memanfaatkan waktu untuk beristirahat semaksimal mungkin karena awak kabin tidak pernah tahu berapa lama penerbangan yang akan ditugaskan kepadanya nanti.
  • Tidak mengkonsumsi minuman yang memabukkan.
  • Tidak menelan obat-obatan yang menyebabkan berkurangnya kemampuan berkonsentrasi seperti antihstamin, anti depressan dan tranqulizer seperti yang terkandung dalam obat batuk dan alergi.

Bila tugas ini dilakukan di Airport atau di kantor operasi di airport, awak kabin mengenakan seragam lengkap dan menunggu di sebuah ruangan yang disediakan khusus untuk Reserve dimana awak kabin bisa beristirahat sambil menunggu bila ada panggilan tugas yang diumumkan oleh operation atau dispatcher melalui speaker di ruang reserve.

Posted on June 16, 2013, in Safety and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: