[Airport Codes] ICAO vs IATA

Bandar udara Soekarno Hatta Jakarta atau yang lebih dikenal dengan kode CGK  juga memilik kode lain yaitu WIII.

Darimana asal kode-kode tersebut, dan bagaimana dasar penamaan serta sistem penggunaannya ?

Sebelumnya, kita harus mengenal dulu dua organisasi penerbangan besar yang ada di dunia, yaitu ICAO dan IATA. Kedua organisasi penerbangan ini bernaung di bawah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Trus, apa perbedaan diantara keduanya ?

1. ICAO (International Civil Aviation Organisation)  adalah sebuah badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa beranggotakan negara-negara anggota PBB yang diwakili oleh otoritas penerbangan sipil nasionalnya (Civil Aviation Authority); misalnya untuk Indonesia, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara atau disingkat DJPU yang dulu dikenal dengan sebutan Direktorat Sertifikasi Kelayakan Udara  atau disingkat DSKU.

images (1)-002

ICAO bertugas mengatur urusan teknis operasional penerbangan seperti lalu-lintas udara (air traffic), frekwensi radio, markings pada landasan pacu, alat bantu navigasi, syarat-syarat kelaikan pesawat udara (Airworthiness), keselamatan penerbangan (flight safety), standar keterampilan pilot (aircrew), teknisi pesawat udara (mechanic), landasan pacu (runway), lapangan terbang (Airport), ATC (Air Traffic Control), memfasilitasi lintas batas prosedur penerbangan sipil internasional dan juga mengadakan inspeksi penerbangan untuk mencegah pelanggaran hukum penerbangan internasional yang telah ditetapkan bersama oleh para anggotanya dalam konvensi Chicago (Chicago Convention) di tahun 1944.

2. IATA (International Air Transport Association) adalah asosiasi perusahaan penerbangan dunia yang anggotanya merupakan perusahaan penerbangan atau airlines dari negara-negara anggota ICAO.

images (1)

IATA membidangi aktivitas operasional penerbangan, menyelesaikan permasalahan penerbangan dari sisi bisnis komersial, membantu merumuskan kebijakan industri seperti keseragaman harga tiket, persyaratan angkutan barang dan penumpang, dan lain sebagainya.

Sebagai badan penerbangan dunia, ICAO dan IATA sama-sama mengeluarkan kode untuk bandar udara di seluruh dunia.

Perbedaan antara kode-kode bandar udara yang dikeluarkan masing-masing badan adalah sebagai berikut:

  • Kode ICAO terdiri dari 4 digit sedangkan kode IATA terdiri dari 3 digit.
  • Kode ICAO digunakan oleh ATC (Air Traffic Control), stasiun cuaca dan maskapai penerbangan.
  • Sedangkan kode IATA digunakan untuk reservasi, tiket, tarif, interline, pengiriman kargo dan penanganan bagasi oleh maskapai penerbangan.
  • Sistim penamaannya pun berbeda. Pada kode ICAO, satu digit pertama mengindentifikasikan benua, digit kedua mengindetifikasikan negara, sedangkan dua digit terakhir mengidentifikasikan bandar udara. Walaupun ada beberapa negara besar di dunia yang memiliki kode satu digit pertama untuk negara dan tiga digit lainnya untuk bandar udara seperti contohnya bandar udara PEKING di China, kode ICAO-nya adalah ZBAA, yaitu Z untuk China dan BAA untuk badar udara Peking, sedangkan kode IATA-nya adalah PEK.
  • IATA memberikan kode tidak hanya berdasarkan daerah lokasi atau kota seperti Frankfurt (FRA), nama negara seperti pada Singapore (SIN) atau nama dari bandar udara tersebut seperti John F. Kennedy (JFK) untuk New York, tapi ada hal-hal lain yang juga menjadi pertimbangan ketika menentukan kode suatu bandara atau tujuan penerbangan seperti misalnya DXB untuk Dubai dan LAX untuk Los Angeles.

Semua kode tujuan penerbangan yang dijumpai penumpang di papan pengumuman di bandara, tiket ataupun boarding pass, ditandai dengan kode IATA .

Awak kabin harus familar dengan kode-kode bandar udara yang diberikan IATA tersebut dan paling tidak memahami sistem penamaan yang diberikan ICAO seperti untuk CGK (kode IATA) berasal dari Cengkareng dan WIII (WI, WA, WQ, WR), dua digit pertamanya adalah kode yang diberikan oleh ICAO untuk wilayah Indonesia sedangkan 2 digit terakhir II diberikan untuk bandara Soekarno Hatta).

Sudah berapa kode IATA untuk bandara nasional dan internasional yang kalian ketahui?🙂

delta-mit-terminals

Posted on April 23, 2013, in Safety and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: