Safety Card is Your Card to Safety

“A Picture  is Worth A Thousand Words”.

Sebuah kartu kecil penuh gambar-gambar sederhana sekilas tampak tidak berarti yang diletakkan di dalam kantung di depan kursi penumpang sekiranya disediakan untuk menyelamatkan jiwa penumpang tersebut. Sayangnya bisa dibilang hanya sedikit penumpang yang bersedia meluangkan sekitar satu menit saja dari waktu perjalanan mereka di atas pesawat untuk membaca dan mempelajari isi kartu keselamatan ini. Kebanyakan mereka lebih suka sibuk dengan telepon genggam, mencoba mencuri waktu sebelum mendapat teguran dari awak kabin.

Miris memang.

Kartu Keselamatan atau “Safety Card” ini padahal begitu sangat penting sehingga ketersediaannya di dalam pesawat menjadi tanggung jawab penuh awak kabin bukan petugas kebersihan. Hal ini tertera dalam buku manual awak kabin sehingga kegagalan dalam penyediaannya termasuk dalam kelalaian awak kabin dalam pelaksanaan prosedur keselamatan. Tidak hanya itu, sangsi dari tim audit keselamatan penerbangan Nasional maupun Internasional, bisa diterima perusahaan penerbangan apabila kedapatan tidak melengkapi setiap kantung kursi penumpang dengan kartu keselamatan.

A340 emirates

Sebenarnya apa yang diberitakan oleh kartu keselamatan ini kepada penumpang?

Di setiap kursi penumpang tersedia sabuk pengaman, masker oksigen dan baju pelampung untuk digunakan bagi keselamatan penumpang tersebut. Kartu keselamatan menjelaskan cara pengoperasian serta lokasi penyimpanannya. Setiap penumpang harus tahu dimana masker oksigen dan baju pelampung tersimpan sehingga bila keadaan darurat terjadi, mereka bisa mengambil dan menggunakan sebagaimana mestinya.

Selain itu ada juga penjelasan mengenai pengevakuasian penumpang bila terjadi pendaratan darurat di air dan di darat, lokasi serta cara membuka pintu dan jendela darurat serta skema penggembungan alat peluncur, bagaimana pengoperasiannya dan hal-hal apa saja yang mesti dihindari saat penggunaannya.

Posisi ‘Brace” yang harus diambil penumpang saat persiapan benturan atau “impact” juga digambarkan dengan jelas di sini. Hal ini penting untuk diketahui penumpang karena posisi brace dapat mengurangi resiko“injury” berat saat terjadi benturan keras pada pendaratan darurat.

747

Beberapa airline akan menambahkan informasi lain seperti pemakaian lifevest pada bayi, posisi merayap untuk menghindari asap saat terjadi kebakaran di dalam kabin, pelarangan penggunaan handphone didalam pesawat, dan lain sebagainya.

Semua informasi penting ini dikemas menarik dalam bentuk gambar-gambar sederhana yang dapat dimengerti oleh semua orang di seluruh dunia dalam berbagai usia dan apapun bahasa mereka.

Perlu diperhatikan penumpang bahwa setiap type pesawat memiliki fitur yang berbeda. Jadi jangan berpikir karena kemarin naik pesawat 737 -200 sudah membaca dan mempelajari kartu keselamatan yang tersedia, sekarang naik 737 – 400 merasa tidak perlu lagi membacanya.

Kita tidak pernah tahu kapan musibah akan terjadi, untuk itu mempersiapkan diri untuk keselamatan pribadi adalah sangat penting setiap sebelum pesawat tinggal landas.

Posted on April 16, 2013, in Safety and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: