Tingkah Laku Penumpang Yang Paling Dibenci Awak Kabin

Life is like an airplane full of passengers, you never know what you will get.

Kira kira begitu bunyi pribahasa yang pas untuk menggambarkan beragam tingkah laku penumpang yang bisa ditemui awak kabin di dalam pesawat. Diantaranya menyenangkan walau ada juga yang menyebalkan.

Tingkah laku penumpang yang kadang bikin kesal awak kabin tersebut diantaranya:

1. Tidak Bersedia Menunjukkan Boarding Pass.

Ini menyangkut urusan security penerbangan tapi masih saja ada penumpang yang melengos kalau ditanyakan perihal boarding pass mereka saat memasuki pesawat. Awak kabin tahu bahwa banyak penumpang yang sudah tahu dimana lokasi tempat duduk mereka, bukan mau mengajari tetapi  awak kabin diwajibkan perusahaan dan peraturan penerbangan internasional untuk memastikan bahwa setiap penumpang yang naik ke atas pesawat adalah benar penumpang pesawat tersebut, bukan pesawat yang parkir di sebelahnya.

IMG_7867

2. Berpindah Pindah Tempat Duduk Saat Boarding.

Tidak hanya mengganggu jalannya boarding karena arus penumpang jadi terhambat, berpindah pindah tempat duduk atau mengambil kursi yang bukan haknya menimbulkan masalah bagi awak kabin. Penumpang yang nantinya duduk di tempat duduk yang diambil alih tidak akan rela tempat duduknya ditempati orang lain, mereka akan meminta awak kabin untuk menyelesaikan masalahnya, sementara awak kabin sendiri punya urusan lain yang juga penting yaitu menyelesaikan boarding secepatnya agar bisa berangkat tepat waktu.

3. Tidak Mau Memperhatikan Safety Demonstration.

airplane-flight-attendant1

Safety Demonstration baik yang ditayangkan melalui layar TV pesawat atau pun yang diperagakan secara manual adalah untuk mempersiapkan para penumpang agar tahu apa yang harus dilakukan kalau terjadi keadaan darurat seperti dekompresi atau evakuasi jadi ini untuk keselamatan penumpang itu sendiri, jangan sampai menyesal kalau sampai kejadian…. amit amit..

4. Meminta Minum Sesaat Akan Lepas Landas.

Saat  lepas landas dan mendarat adalah saat paling kritis dalam setiap penerbangan dan waktu yang dimiliki awak kabin untuk mempersiapkan kabin dan seluruh penumpang di dalamnya pun tidak panjang, hanya sepanjang landasan yang dimiliki airport tempat pesawat itu akan tinggal landas.

Awak kabin harus memastikan bahwa semua trolley dan container terkunci di tempatnya, lavatory dan galley “secured”, memastikan semua penumpang memakai sabuk pengaman dan barang barang tidak ada yang berserakan di kabin, belum lagi yang harus melakukan manual safety demonstration. Jadi kalau penumpang minta minum pada saat ini akan sangat mengganggu aktivitas penting ini.

5. Memanggil Dengan Menjentikkan Jari Atau Mencolek Colek Awak Kabin.

Di setiap kursi penumpang tersedia tombol pemanggil yang akan berbunyi bila ditekan sekaligus menyalakan lampu panggil di atas kursi. Tombol ini disediakan untuk memanggil pramugari bila diperlukan. Mencolek- colek bokong pramugari atau menjentik jentikkan jari seperti memanggil seekor burung sangat tidak manusiawi.

6. Berbasah Basah di Toilet Pesawat.

Lavatory atau toilet pesawat didesain untuk keamanan dan juga kenyamanan penumpang. Di bawah lantainya yang dilapisi dengan karpet banyak menjulur kabel kabel, …so please keep our lavatories clean and dry…. Yang harus dilakukan penumpang wanita bila hendak menggunakannya hanyalah duduk dengan baik di atas toilet dengan kaki menjulur ke bawah,  membasuh dengan tissue serta menekan tombol penyiram toilet bila sudah selesai digunakan kemudian mencuci tangan di atas westafel tanpa membasahi area yang lain. Begitu pun semestinya dengan penumpang pria.

7. Sibuk Bertelepon Ria dan Menyalakan Alat Elektronik Saat Akan Tinggal Landas dan Mendarat. 

Dalam prosedur penenerbangan internasional yang harus dipatuhi awak kabin adalah memastikan bahwa tidak ada penumpang yang menggunakan telepon genggam ataupun menyalakan alat-alat elektroniknya saat lepas landas dan mendarat. Jadi mau itu mengganggu navigasi atau tidak jangan salahkan awak kabin. Mereka hanya melaksanakan tugas atas nama keselamatan penerbangan.

8. Meletakkan Baki Makanan di Bawah Kursi.

“Bapak-bapak dan ibu-ibu yang terhormat.. perasaan tadi baki makanannya disajikan di atas meja deh, jadi tolong biarkan tetap di atas meja”… kebayangkan kalau ada 515 penumpang kayak begini yang ada awak kabinnya melantai terus selama penerbangan.

9. Menolak Bila Diminta Memakai Sabuk Pengaman.

Mulai dari yang mengaku seorang frequent flyer sejati sampai penerjun payung handal, banyak sekali alasan yang diberikan penumpang ketika awak kabin meminta mereka untuk memasang sabuk pengamannya. Tak perduli seberapa sering seorang frequent flyer terbang kelililng dunia masih tidak seberapa dibanding jam terbang awak kabin. Silahkan intip roster mereka  kalau tidak percaya, namun begitu awak kabin tidak pernah lupa memakai sabuk pengaman mereka saat setiap lepas landas dan mendarat karena awak kabin tahu betul seperti apa nanti kalau sampai terjadi impact !

10. Memangku Barang Bawaannya.

Tempat penyimpanan barang sudah disediakan untuk penumpang baik itu dibawah kursi atau di atas kursi di tempat penyimpanan barang. Saat terjadi impact atau benturan jangankan tas tangan penumpang, kursi tempat duduk penumpang pun bisa terlempar menimpa pramugari ataupun orang disekelilingnya. Jadi mohon ya pak.. bu.. barang barangnya selalu disimpan di tempat yang aman.

11. Merokok di Dalam Pesawat.

Sign in a Airplane

Merokok di dalam pesawat sudah dilarang di dunia penerbangan sejak sebelum tahun 2000. Jadi para perokok ngga usah ngibul bilang kemaren terbang sama “airline anu” boleh merokok. Merokok selain berbahaya untuk kesehatan juga berbahaya bagi keselamatan penerbangan. Pesawat udara diberi tekanan udara agar kita di dalamnya bisa bernafas saat terbang di ketinggian 30.000 kaki. Jadi jangan coba coba nyalakan api di dalam pesawat, karena sama saja dengan bunuh diri.

Kalau hanya sekedar “senyuman tak berbalas” dari penumpang, bukan masalah besar bagi awak kabin karena mereka sudah terbiasa menyapa dan memberikan senyumannya tanpa pamrih. Untungnya senyuman pramugari bisa di copot pasang kapan saja mereka mau.

Thank you, Good bye…🙂 …Thank you, Good bye..

Posted on April 8, 2013, in My Story and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. ijin share buat yg lain ye🙂

    Like

  2. Monggo masnyaa… sillahkeen..😉

    Like

  3. udah gw share di kaskus.co.id dan twitter🙂

    Like

  4. hahahahha…. makasih yaaa… semoga menjadi pembelajaran buat para penumpang..

    Like

  5. 11. Berpindah-pindah tempat duduk saat masih boarding

    Like

  6. sudah aku update aruul.. thank you atas masukannya..🙂

    Like

  7. Ijin share yaaaa

    Like

  8. silahkan mbak Diana…;)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: