What is behind flight attendant job?

lowonganSebelum melamar jadi awak kabin sebaiknya kenali dulu bagaimana pekerjaan awak kabin yang sebenarnya.

Banyak orang mengira awak kabin (pramugara dan pramugari) bekerja hanya untuk menemani penumpang selama penerbangan, membagikan koran, mengatur barang bawaan penumpang, menyajikan makan dan minum, membuka dan menutup pintu pesawat, mengucapkan selamat datang dan selamat tinggal ditambah keuntungan bisa jalan-jalan keluar negeri, berbelanja dan mengunjungi tempat tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Faktanya tidak sesederhana itu.

Awak kabin hidupnya selalu penuh aturan baik itu peraturan perusahaan maupun peraturan penerbangan nasional dan internasional yang semuanya tertulis dalam buku manual. Peraturan peraturan ini mengatur mulai dari segala sesuatu yang berhubungan dengan safety dan security penerbangan, sampai panjang kuku dan warna rambut sehingga orang yang tidak terbiasa mematuhi peraturan akan merasa tertekan bekerja sebagai awak kabin.

Pekerjaan awak kabin menuntut banyak sekali pengorbanan tidak hanya waktu, keluarga, perasaan bahkan nyawa.

Seorang awak kabin dituntut untuk bisa bekerja kapan saja dalam kurun waktu 24 jam. Dijemput pagi sebelum matahari terbit dan kembali pulang saat yang sama keesokan harinya.

Belum lagi kalau hari raya tiba, jangan berharap bisa ikut bertakbir atau makan ketupat sayur dan opor ayam bersama keluarga tercinta di rumah karena bisa saja pada hari itu mereka sedang sibuk menyapa penumpang di dalam pesawat.

Tidak hanya itu, cacian dan makian kasar dari penumpang sering diterima awak kabin tanpa perduli kalau awak kabin itu sendiri sedang punya masalah di rumahnya.

AngryMan

Awak kabin seringkali menjadi tumpahan kekesalan penumpang, mulai dari yang sedang “bad mood” karena habis cekcok dengan istri di rumah, keterlambatan keberangkatan penerbangan, ketidak puasan dalam pelayanan dimulai dari saat “check in” yang biasanya semua itu justru bukan kesalahan murni yang dibuat oleh awak kabin sendiri.

Sebagai seorang “Front Liner” awak kabin harus bisa mengatasi semua masalah tersebut secara profesional, tetap tegar, ramah dan berwibawa karena mereka membawa image perusahaan tempatnya bekerja walaupun akhirnya setelah itu masuk lavatory (toilet pesawat) dan nangis bombay.

Di balik dari semua servis yang diberikan demi kenyamanan penumpang selama penerbangan, tugas utama awak kabin di pesawat yang sebenarnya adalah untuk keamanan dan keselamatan penerbangan.

Awak kabin diberikan pelatihan dengan standar peraturan penerbangan internasional setiap 12 bulan sekali images (1)mengenai keselamatan penerbangan, terorisme dan bom serta kaitannya dengan keamanan penerbangan, penguasaan tipe pesawat dimulai dari pengoperasian pintu darurat, peralatan keselamatan sampai tehnik pengevakuasian di darat dan air, kebakaran, “dangerous good” atau barang-barang berbahaya, pertolongan pertama serangan jantung, angina, stroke, epilepsy, shock, tersedak, pingsan, asthma, kelahiran, kematian, CPR, dan masih banyak lagi yang bisa terjadi kapan saja di dalam pesawat untuk itu awak kabin adalah seorang safety profesional, bukan seorang pelayan.

teroristSeandainya setiap penumpang tahu dan mengerti bahwa sesungguhnya mereka sangat bergantung pada kepiawaian awak kabin untuk menolong mereka bila mengalami salah satu dari keadaan darurat tersebut di dalam pesawat, tentunya mereka akan lebih menghargai profesi awak kabin yang sebenarnya.

Kehilangan nyawa demi penumpang tercinta sudah banyak tercatat dalam sejarah, diantaranya:

  • Pramugari Neerja Banhot dari India yang bekerja pada Pan Am ditahun 1986, tewas dibunuh teroris dalam usahanya menyelamatkan penumpang dari tembakan peluru pembajak dan menjadikan dirinya tameng bagi anak anak yang berhasil dikeluarkannya melalui pintu darurat.  https://skydewi.wordpress.com/2013/06/17/hero-pramugari-neerja-bhanot/
  • United Airlines 93 yang dibajak teroris pada 11 September 2001 yang sedianya akan di arahkan ke washington menuju gedung putih kemudian jatuh di Pennsylvania atas usaha keras awak kabin bersama para penumpang di dalam pesawat menghalangi para teroris masuk ke dalam ruang kemudi namun usaha ini gagal. Seluruh awak kabin, penumpang dan 4 orang teroris tewas namun berhasil menghalangi pesawat untuk di jatuhkan ke atas gedung putih dan tanpa melukai siapapun di darat.

Masih banyak lagi kisah kepahlawanan awak kabin lainnya dalam sejarah penerbangan yang bisa dilihat di wikipedia.

Bagaimana ? Masih tertarik menjadi awak kabin ?😉

Posted on April 4, 2013, in My Story and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. being a Flight Attendant is my dream job, sayangnya belum ada yg sampai tembus ke tahap sign contract hehe… kadang optimis, kadang pesimis… tapi aku yakin mbak ‘usaha keras itu yg tidak akan menghianati’ kalo masih menghianati berarti usahanya masih belum keras ^^
    mohon doanya ya mbak, salam kenal

    Like

  2. makasih ka dewi, blog ini sangat menginspirasi bagi saya, saya pernah mendaftar posisi FA di lion air tapi gagal di tahap psikotes. ,, saya ga akan menyerah ,, tetap berjuang demi mewujudkan impianku sebagai Flight attendat,
    yang mau saya tanyakan ka dewi,, saya banyak bekas gigitan nyamuk di kaki dan bekas jerawat, apakah ada kemungkinan untuk saya lolos dalam tahap Flight attendant?

    Like

    • Dear Nia,
      sekarang ini banyak cara untuk menghilangkan bekas luka. coba nia cari-cari informasi atau pergi ke dokter kulit supaya lebih jelas. Good luck nia..🙂

      Like

  3. Dear mbak Nia dan permisi numpang jawab dengan tidak mengurangi rasa hormat buat mbak Dewi selaku pemilik blog ini ^^

    Kebetulan saya juga mengalami luka bakar di bagian betis dan itu membekas sampai hitam, tp atas saran seorang apoteker saya pakai penghilang luka Vitaquin (hydroquinone 5%, octyl dimethyl paba 5%, oxybenzone 4%) harga 56.000 di apotek di daerah Malang, mungkin ada sedikit perbedaan harga di daerah lain. Alhamdulillah udah 3 minggu make Vitaquin dan rutin memakai handbody lotion bekas luka berat itu menghilang dan saya sudah siap untuk test recruitment FA berikutnya ^^

    Kalau untuk wajah coba pake Vitacid (0,05% retinoic acid), cuma butuh 3-5 hari untuk menghilangkan bekas luka jerawat.

    Itu berdasarkan pengalaman dr saya sih, akan lebih baik kalo mbak Nia berkonsultasi langsung dg dokter kulit🙂

    Like

  4. Ka… may tanya.. bagaimana caranya ngelamar di leased aircraft company?? saya tertarik sekali ingin mencobanya. Thx u

    Like

  5. ka.. mau tanya, aq pngen ikut tes pramugari nih.
    tp aq ada pake gigi palsu 1. bolehkah?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: