Isi Tas Pramugari

Pramugari selalu membawa tas trolleynya saat dia terbang. Tidak perduli hanya untuk 5 jam atau 10 hari tugas, tas terbang mereka selalu sama. Hal ini tentu saja menyangkut keseragaman dan standard yang telah ditetapkan oleh masing masing perusahaan.

Kira kira apa ya isi tas mereka?

Tas Trolley.

fdsd

Di dalam tas trolley pramugari biasanya tersimpan beberapa set pakaian dalam dan baju baju yang dibutuhkan untuk menginap selama 3 hari diantaranya baju tidur, baju casual, baju resmi, ditambah satu buah abaya hitam apabila terbang rute middle east.

Selain itu mereka juga wajib membawa satu set extra seragam untuk berjaga jaga kalau seragam yang mereka kenakan tersiram minuman saat bekerja atau fasilitas  laundry di hotel tempat menginap tidak tersedia. Selain itu juga satu set peralatan make up lengkap, satu tas kecil berlapis plastik tertutup berisi peralatan mandi mulai dari shampo dan kondisioner, sikat gigi dan odolnya, sabun pembersih muka, deodorant, dan segala macam lotion atau pelembab tergantung kebutuhan pemiliknya yang semuanya harus dalam ukuran maksimal 100ml sesuai dengan peraturan penerbangan dunia.

Pramugari juga tidak pernah lupa membawa sanitary napkins dan panty shields untuk kesehatan kewanitaannya. Sepasang sepatu atau sandal favorit untuk digunakan saat layover (menginap di luar home base). Catokan rambut handy agar kerapihan rambut tetap terjaga. Vitamin dan obat-obatan ringan untuk pribadi seperti obat flu, batuk dan obat luka atau plester. Selain itu tak boleh ketinggalan camilan camilan kecil untuk makanan darurat bila tiba di hotel terlalu larut dan terlalu lelah untuk memesan room service dari kamar tempat dia menginap.

Selain barang-barang kebutuhan  pribadi, pramugari juga diwajibkan membawa buku buku manual dari perusahaan sebagai pedoman bagi dirinya selama penerbangan namun untuk hal ini tidak semua airline menetapkan demikian.

Travel Bag. transatlantic-travel-carryon-COACH

Travel bag yang nangkring di atas tas trolley pramugari biasanya berisi segala sesuatu yang dibutuhkan saat bekerja di pesawat seperti kasak (apron), sepatu servis berhak rendah, obat obatan ringan untuk penumpang yang biasanya disediakan oleh perusahaan untuk diberikan kepada penumpang apabila membutuhkan seperti obat sakit kepala, diare, mabuk udara dan plester tergantung dari masing masing airline.

Tas Sandang.

Tas sandang pramugari berisi dokumen dokumen penting seperti paspor dan sertifikat vaksinasi, senter kecil,  peralatan make up sederhana untuk tambal sulam saat penerbangan seperti compact powder, lipstik, lip balm, pinsil alis, penjepit bulu mata, kertas minyak, parfum, hand lotion, permen mint atau penyegar mulut dan lainnya tergantung kebutuhan masing masing individu. Dan untuk merekam momen momen indah yang dialami selama perjalanan tugas, mereka juga tidak pernah lupa membawa pocket camera. 

sdffDi beberapa airline, tas sandang merupakan bagian dari seragam sehingga harus selalu dibawa namun begitu ada juga yang tidak. Biasanya kalau tidak membawa tas sandang, semua bawaan yang berada di dalam tas tersebut dimasukkan ke dalam travel bag.

Semua barang yang disebut di atas tidak diletakkan berserakan begitu saja ke dalam tas tetapi diatur dengan rapi di dalam kantung kantung bahan atau tas organizer yang cantik. Petugas custom di berbagai negara sering kali melakukan pengecekan atau pemeriksaan dan membuka koper pramugari. Untuk itu pramugari selalu berusaha menjaga agar isi koper mereka tertata rapih agar tidak memalukan  bila orang orang di sekeliling tidak sengaja melihat isi koper mereka saat pemeriksaan.

Trus kenapa harus bawa baju dan peralatan banyak kalo hanya terbang bolak balik 5 jam?

Perubahan perubahan tak terduga bisa saja terjadi saat sedang bertugas misalnya AOG (Aircraft on Ground) atau pesawat rusak saat sedang berada di tempat transit. Hal ini menyebabkan pramugari harus tinggal beberapa hari di sana sampai pesawat berhasil diperbaiki atau adanya perubahan pada schedule karena alasan operasional.

Berat juga yaa… bawa barang sebanyak itu…

Betul sekali, makanya mereka selalu membawa tas beroda atau trolley bag, supaya tidak cepat sakit punggung dan tentunya biar bisa tetap berjalan tegak, dengan pandangan ke depan siap menebar senyumannya….

About skydewi

Seorang ibu pencinta langit. Kopi susu di pagi hari adalah WAJIB. Benci orang malas apalagi bau badan. Mewarisi keahlian menjahit ibu sekaligus mesin jahitnya. Percaya bahwa dengan persetujuan Tuhan, Hidup adalah Pilihan. Visit me on https://mylifeasacabincrewmember.blogspot.com/

Posted on April 1, 2013, in My Story and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: