Once Flight Attendant Forever Flight Attendant

Seorang teman mengatakan, “once flight attendant, forever flight attendant”.

IMG_3218

Arti kalimat ini sebenarnya ada dua.

Pertama: seseorang yang pernah bekerja sebagai pramugari biasanya tidak akan bisa atau betah bekerja lagi di bidang yang lain. Walaupun ada saat dimana dia vakum dari pekerjaan kepramugariannya, pramugari ini akan rindu untuk kembali bekerja di udara.

Kedua: seseorang yang pernah menjadi pramugari akan mudah sekali dikenali, hal ini dikarenakan kebiasaan-kebiasaan dulu yang selalu dilakukan dalam pekerjaannya sebagai pramugari terbawa kedalam kehidupannya sehari hari.

Kebiasaan kebiasaan ini diantaranya;

1. Tepat waktu. Sungguh memalukan apabila seorang mantan pramugari tidak bisa tepat waktu, karena sepanjang karirnya sebagai pramugari, ia dituntut untuk bisa menciptakan “on time performance” bagi airline dimana ia bekerja.

2. Organized. Di dalam pesawat terbang, segala sesuatu harus selalu disimpan rapi dan terkunci. Banyaknya kemungkinan tak terduga yang bisa terjadi di dalam pesawat yang sedang terbang, menyebabkan pramugari harus selalu waspada dan menjaga barang-barang termasuk manusia selalu dalam keadaan “secured”. Pramugari juga harus bisa membagi keterbatasan waktu yang dimilikinya dalam penerbangan untuk meneyelesaikan pekerjaannya secara tepat waktu karena saat lepas landas dan mendarat tidak ada hal lain yang bolehkan dikerjakan selain yang berhubungan dengan keselamatan penerbangan.

angry-woman

3. Selalu tersenyum. Kebiasaan ini didapat karena pramugari terbiasa menyapa penumpang dan mengatasi segala persoalan di dalam pesawat dengan senyuman.  Seberat apapun masalah pribadi yang sedang dihadapi, begitu seragam dikenakan pramugari harus melupakannya sejenak dan siap menebarkan senyum kepada setiap orang yang ditemuinya. Hal ini memberi dampak positif  ke dalam kehidupannya.

4. Ramah. Seorang pramugari pasti enak buat diajak ngobrol. Ini karena mereka pandai berbasa basi dengan penumpang di pesawat.

5. Sedap dipandang mata. Pramugari dituntut untuk selalu menjaga penampilannya dalam bekerja. Dalam berpenampilan mereka tidak melulu mamakai barang bermerek mahal tapi keahlian memadu madankan apa yang dimiliki mulai dari sepatu, baju, tas sampai aksesoris membuatnya selalu tambil berbeda dan pastinya tidak berlebih lebihan karena apapun perusahaan penerbangannnya pasti tidak menyukai bahkan melarang pramugarinya tampil seperti pohon natal di dalam pesawat yang sempit dan penuh dengan penumpang.

images (3)

Hmmm…… tentunya kebiasaan kebiasaan baik ini hanya akan menempel pada pramugari yang sangat menjiwai pekerjaannya. Keinginan untuk terbang lagi terkadang sampai terbawa mimpi, saking kepengennya  mencium bau oven dan ruang kabin di dalam pesawat, …..hayooo ngakuuu….🙂

About skydewi

Seorang ibu pencinta langit. Kopi susu di pagi hari adalah WAJIB. Benci orang malas apalagi bau badan. Mewarisi keahlian menjahit ibu sekaligus mesin jahitnya. Percaya bahwa dengan persetujuan Tuhan, Hidup adalah Pilihan. Visit me on https://mylifeasacabincrewmember.blogspot.com/

Posted on March 30, 2013, in My Story and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Comments.

  1. Absolutely, its true..i like it

    Like

  2. hahaha….agree…mugara juga tuh Wi…;)

    Like

  3. keren, keren, keren, keren! (y) (y)

    Like

  4. Ibuku dulu sempat jadi pramugari sebelum menikah. Sampai sekarang, 32 tahun semenjak berhenti, kalau ibu naik pesawat masih senang mendengar suara mesin pesawat, dan setiap bepergian dengan pesawat selalu rapi dan ngga lupa pakai scarf di leher. Kalau baru keluar dari gate arrival sambil tersenyum dan narik kopernya, ibu masih kayak pramugari senior. I think she really miss her up-in-the-air days.
    Now, after years of listening to her back-then stories, I’m halfway done in the recruitment process for the same airline she used to work for (tinggal dua tahap lagi nih hehehe). Please wish me luck, so I can complete my mother and her little girl’s dream.🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: