Trolley Dolly

Pernah dengar istilah “Trolley Dolly?” atau boneka trolley ?

Trolley Dolly adalah istilah slang yang digunakan oleh orang Amerika dan Inggris untuk sebutan “Pramugari”. Istilah ini muncul tentu bukan tanpa sebab.

Dalam kesehariannya pramugari yang cantik seperti boneka “Dolly” sangat dekat dengan trolley. Mulai dari koper yang selalu dibawanya saat bertugas, sampai saat dia bekerja di dalam pesawat hampir selalu menggunakan trolley.

chinasouthernairline1

“Trolley” atau kereta dorong di dalam pesawat digunakan tidak hanya untuk menyimpan “tray” atau baki makanan, tapi juga segala sesuatu yang diperlukan saat penyajiannya nanti seperti minuman dalam botol, karton ataupun kaleng; kemudian gelas dan piring porselain untuk kelas bisnis serta peralatan peralatan penyajian lainnya.

Intinya, trolley berguna untuk menyimpan segala “loose items” supaya tersimpan dengan aman.

Barang-barang “loose items” ini bisa diletakkan begitu saja ke dalam trolley atau dikumpulkan di dalam “drawer” atau kotak laci, dan “tray” atau baki yang kemudian disisipkan ke dalam trolley agar selalu aman.

Pelayanan makanan sendiri di setiap airline berbeda beda. Ada yang menggunakan piring, baki, kotak kertas, kotak plastik atau bahkan dibagikan langsung ketangan penumpang. Untuk membawa semua barang barang ini ke kabin diperlukan alat yang bisa mengangkut dalam jumlah banyak dan mudah bagi pramugari untuk pengoperasiannya, selain itu juga harus aman bagi semuanya yaitu trolley.

Dilihat dari ukuranya, ada dua macam trolley yang digunakan di dalam pesawat yaitu trolley besar atau “full trolley” dan trolley setengah atau “half trolley.” Trolley-trolley ini juga dilengkapi dengan sistem penguncian sehingga tidak meluncur bebas saat digunakan di tengah kabin.

Di dalam satu trolley besar tersedia 14 rak yang bisa disisipkan 2 buah baki makanan besar atau 1/1 tray disetiap baris raknya. Biasanya penyajian dengan baki besar ini digunakan untuk penumpang kelas bisnis.

Untuk penumpang ekonomi banyak digunakan 2/3 tray. Dalam setiap baris rak dalam trolley besar bisa memuat tiga buah 2/3 tray. Sedangkan 1/3 tray bentuknya paling kecil sehingga lebih sering digunakan untuk penyajian makanan ringan atau sebagai alas saat menyajikan minuman kepada penumpang. Bila diletakkan ke dalam trolley besar, enam buah 1/3 tray bisa disisipkan ke setiap raknya.

315

Segala sesuatu di dalam pesawat harus selalu dalam keadaan “secure” atau aman.

Itulah sebabnya penumpang diharuskan selalu memakai sabuk pengaman selama penerbangan, barang-barang dan tas harus selalu diletakkan di bawah kursi ataupun di tempat penyimpanan barang di atas, karena saat melewati cuaca yang kurang baik atau hal paling buruk terjadi seperti “impact” atau benturan,  goncangan yang terjadi pada pesawat bisa menyebabkan barang-barang ini terlempar kemana-mana dan melukai orang orang di sekitarnya termasuk “Trolley Dolly”.

About skydewi

Seorang ibu pencinta langit. Kopi susu di pagi hari adalah WAJIB. Benci orang malas apalagi bau badan. Mewarisi keahlian menjahit ibu sekaligus mesin jahitnya. Percaya bahwa dengan persetujuan Tuhan, Hidup adalah Pilihan. Visit me on https://mylifeasacabincrewmember.blogspot.com/

Posted on March 29, 2013, in Service and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: